Tim Pemantau Perda KTR Dinkes Segera Dibentuk Demi Penegakan Perda KTR

6 total views, 1 views today

(Infopromkeskebumen)Rokok adalah salah satu komponen penyebab kemiskinan.  Meski sudah ada perda KTR bernomor 10 Tahun 2017,  namun Kebumen melalui Dinas Kesehatan harus mendorong penegakan hukum perda KTR ini.

Salah satu implementasi penegakan Perda KTR di Kebumen adalah Dinas Kesehatan akan mendorong tiap-tiap OPD untuk membentuk satgas penegakan perda KTR.   Sangsi yang dapat diberikan pada penegakan Perda KTR ini berupa sangsi sosial.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen dr. Prayitno, MM pada acara konsolidasi internal Dinas Kesehatan Kebumen terkait Implementasi Kebijakan PHBS di Aula Dinas Kesehatan Kebumen (1/7/2019).

Lebih lanjut dr. Prayitno, MM mengungkapkan bahwa satgas penegakan Perda KTR ini  selain beranggotakan tim dari  OPD,  dari kelurahan maupun kecamatan juga akan dilibatkan.

Dalam pertemuan ini,  Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro, SKM, M. Kes  juga mempresentasikan mekanisme pelaksanaan penegakan Perda KTR ini.

Salah satu hal menarik adalah rencana pembuatan Sign Board Kawasan Tanpa Rokok yang akan dipasang di masing-masing kantor OPD.

Selain itu Kusbiyantoro juga mendorong percepatan pemasangan stiker kawasan tanpa rokok pada 7 lokasi utama yaitu : Fasilitas pelayanan kesehatan, Tempat proses belajar mengajar,  Tempat anak bermain,  Tempat ibadah, Tempat kerja,  Tempat umum, dan Tempat lain yang ditetapkan.

Lebih lanjut Kusbiyantoro menegaskan kembali bahwa penegakan Perda KTR akan dilengkapi  Form Pantauan yang berisi beberapa indikator kawasan yang bebas rokok.